Senin, 21 Januari 2013

Perawatan Alat Multimedia



1. Perawatan LCD Laptop
 
  1. Gunakan screen protector untuk melindungi layar dari goresan dan debu
  2. Jangan menekan permukaan layar laptop
  3. Hindari membuka/menutup laptop dari permukaan LCDnya, sebaiknya anda melakukan buka/tutup dengan kedua tangan memegang kedua ujung laptop tersebut secara perlahan dan tidak dibanting.
  4. Jangan membiasakan laptop dalam keadaan terus terbuka walapun tidak digunakan, agar mencegah debu menempel di permukaan LCD
  5. Gunakan penutup anti debu atau simpan laptop dalam tas laptop jika sudah tidak digunakan lagi.
  6. Jangan memfungsikan laptop anda sebagai “meja” atau alas dengan meletakkan berbagai barang di atas permukaan laptop pada saat laptop tertutup. Begitu pula jangan meletakkan benda diantara layar dan keyboard pada saat laptop dalam keadaan terbuka.
  7. Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke LCD laptop.
  8. Gunakan cairan pembersih khusus untuk LCD laptop anda ataupun juga dapat menggunakan cairan pembersih lensa kamera digital ataupun kamera profesional. Cara penggunaannya pun dengan menyemprotkan cairan pembersih ke permukaan kain halus atau tissue yang sudah disediakan.
  9. Kita juga dapat membersihkan layar laptop dan bagian celah keyboard dan lainnya dengan menggunakan sikat lembut yang memang diperuntukkan untuk itu.
  10. Hindari penggunaan cairan pembersih yang berbahan dasar alhokol, ammonia, aseton, toluene, asam etil atau metal klorida atau lainnya karena bahan kimia tersebut bereaksi buruk dengan layar monitor kita dan dapat berefek kerusakan atau memperpendek usia pakai monitor tersebut.
2. Merawat Monitor CRT, LCD dan LED Komputer Dektop (PC)
 
  1. Untuk monitor CRT, kita dapat membersihkan dengan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar dan menggukan kain halus ataupun tissue. Hal ini dapat dilakukan karena monitor CRT permukaannya berbahan dasar kaca (walaupun cara ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan berkelanjutan), namun jangan sekali-kali menyemprotkan cairan ke layar LCD atau LED karena akan menyebabkan layarnya menjadi kekuningan.
  2. Jangan menutup ventilasi atau lubang sirkulasi udara pada monitor dengan meletakkan barang di atasnya.
  3. Siapkan perlengkapan kita seperti kain halus / tissue, kuas, sikat lembut dan cairan pembersih.
  4. Sebelum melakukan pembersihan, ada baiknya anda memutuskan daya yang tersambung ke aliran listrik (melepas kabel power supply) dan juga koneksi ke CPU, kabel koneksi USB, ethernet ataupun kabel koneksi lainnya.
  5. Proses pengelapan dengan kain halus atau tissue dilakukan secara perlahan dan dengan gerakan searah agar tidak terjadi goresan halus dipermukaannya.
  6. Jangan meletakkan monitor kita dekat dengan barang-barang elektronik yang memiliki kecenderungan menghasilkan medan elektromagnetik yang besar seperti televisi, speaker, tape dan lainnya karena akan menghasilkan gelombang elektromagnetik yang menggangu tampilan layar monitor itu sendiri.
  7. Jangan meletakkan monitor terpapar sinar matahari langsung.
  8. Bagian pinggir monitor kita dapat dibersihkan dengan pembersih serbaguna (umumnya berbahan dasar silicon) namun hati-hati agar tidak sampai terkena layar monitor itu sendiri.
3.  Langkah Mudah Cara Merawat Kamera Digital 


1.       Hindarkan dari Lembab dan Jamur
2.       Tempatkanlah kamera anda pada ruangan yang bebas dari suhu lembab. karena suasana ruangan yang lembab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada lensa kamera anda. Sehingga menyebabkan hasil jepretan yang tidak maksimal. Untuk menghindari kelembaban, anda dapat menempatkan kamera pada kotak tertutup rapat bersama dengan sillica gel.
3.       Lepaskan Baterai Kamera
4.       Tips merawat kamera digital yang kedua adalah dengan melepaskan baterai kamera, jika kamera tersebut tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini ditujukan agar kualitas baterai kamera tetap terjaga.
5.       Perawatan Terpisah
6.       Jika kamera digital anda adalah kamera DSLR, maka anda harus melakukan dua metode perawatan yang berbeda. Karena kamera DSLR terdiri dari dua bagian, yakni Lensa dan Body kamera.
7.        Hindarkan dari Cahaya Matahari Langsung, Magnet dan Air Laut
8.       Cara merawat kamera digital yang terakhir adalah menghindarkan kamera anda dari hal-hal seperti cahaya matahari lansung, magnet, dan juga air laut. karena selain dapat merusak fisik kamera, hal-hal tersebut juga dapat merusak sistem yang ada pada kamera digital anda.

4. Cara membersihkan keyboard :


  1. Membersihkan “Keyboard” : Keyboard laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung keyboard untuk mencegah kotoran.
  2. Mengelap Layar : Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.
  3. Hindari Panas Matahari : Jangan meninggalkan notebook Sobat di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.
  4. Menghindari Goresan : Amankan benda-benda tajam dari sekitar notebook Sobat. Taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum Sobat  menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Sobat  hendak berpergian, masukkan notebook pada wadah/tas yang telah tersedia.
  5. Case Cemerlang : Tangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen nonzat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.
  6. Menyimpan notebook : Bila Sobat akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut. 
  7. Hindari Medan Magnet: (naah Sobat Zs yg ini perlu dibaca looch…,)Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Piranti-piranti penghasil medan magnet, misalnya, spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook.
5. Cara merawat baterai :


1.Jangan membiarkan baterai terpapar suhu ekstrim diatas 43 C. Hal ini dapat menimbulkan           kerusakan permanen pada baterai. Letakkan baterai pada tempat yang sejuk dan kering.
2. Jangan mencharge baterai secara berlebihan, jika charger telah menunjukkan baterai terisi penuh segera cabut.
3. Charge baterai sebelum atau sesudah penyimpanan dalam jangka waktu lama. Dipakai ataupun tidak dipakai baterai akan mengalami proses pelemahan, agar tetap awet maka baterai perlu diisi kembali.
4. Lepaskan baterai dari kamera jika tidak sedang mempergunakannya dalam jangka waktu lama.
5. Jangan mencampur penggunaan baterai lama dan baru, termasuk mempergunakan baterai dengan merek yang berbeda-beda.
6. Tips merawat Speaker Komputer agar awet dan tetap menghasilkan suara yang bagus :

 


1.   Volume Software pemutar musik (winamp, jetaudio, dll) jangan lebih dari 75%, kalau ingin suara kencang menggelegar, keraskan volume speaker anda boleh sampai Full 100%.
2.   Kenali kemampuan speaker anda sampai batas desibel tertentu, default setting software sudah cukup untuk menghasilkan suara yang lumayan.
3.   Kalau membutuhkan penyesuaian tingkat desibel tertentu silakan menggunakan auto tuner atau preset yg disediakan software, misal : pop, rock, jazz,dst kalau masih kurang silakan ditambah efek BBE viva, Wide, Reverb, Surround,dst.
4.   Untuk yang sudah advance silakan atur equalizer anda dan jangan merusak telinga anda.
5.   Bersihkan Speaker komputer Anda dengan menggunakan kain lap agar terbebas dari debu sehingga suara yang dihasilkan tetap jernih.

7. Tips Cara Merawat Flash Disk agar Awet 

 

Inilah 15 cara merawat flash disk agar awet dan tahan lama:
1. Jauhkan dari medan magnet tinggi seperti speaker komputer agar penyimpanan data tidak terganggu.
2. Simpanlah flash disk kita di tempat yang bersih dan tertutup dengan baik agar komponen tidak kotor dan berkarat.
3. Selalu backup data dari flash disk ke dalam komputer yang dilindungi anti virus agar keamanan data terjamin.
4. Setelah kita gunakan di komputer lain, scan dengan antivirus agar aman dari virus yang terbawa.
5. Hindari memukul-mukulkan dan menjatuhkan flashdisk agar komponen di dalamnya tidak rusak.
6. Jaga flashdisk dari suhu panas dan dingin yang berlebihan agar komponen tidak rusak.
7. Periksalah saku Anda sebelum pakaian Anda cuci, jangan sampai flashdisk terendam ke dalam air kecuali yakin benar-benar anti air.
8. Eject atau stop untuk mematikan flashdisk terlebih dulu sebelum kita cabut.
9. Dianjurkan tidak mengedit file yang ada di flash disk secara langsung, sebaiknya kopi dan editlah dalam hard disk, baru anda simpan kembali kedalam flashdisk setelah selesai.
10. Jagalah hologram, bungkus flashdisk dan  simpan nota pembelian dengan baik untuk keperluan garansi.
11. Jangan terlalu sering format flash disk karena dapat rusak dan mengurangi jumlah batasan hapus tulis.
12. Jika ada waktu, lakukan defragmentasi flash disk anda agar kinerja flashdisk lebih optimal.

13. Agar tidak mudah jatuh dan hilang, belilah tali flashdisk dengan warna mencolok
14. Selalu Ejectlah flashdisk Anda sebelum mencabutnya dari komputer atau laptop Anda

15. Jagalah agar tutup flashdisk Anda tidak hilang, berilah tali atau belilah flashdisk yang tutupnya terjamin 
keamanannya. Sebab hilangnya tutup flashdisk dapat menyebabkan debu mengotori konektor yang ada di dalamnya.

8. Cara merawat HP layar sentuh :


1. Pakailah Screen protector atau plastik antigores pada layar handphone anda.
2. Jauhkan Handphone anda dari medan magnet seperti televisi, radio, dan barang-barang lain yang mengandung magnet.
3. Sediakan kain halus atau tissu bisa juga untuk membersihkan layar, jangan sampai layar terlalu kotor.
4. Gunaan telunjuk untuk menekan layar, jangan menggunakan kuku untuk menyentuhnya agar tidak terjadi kerusakan dan luka pada layar.
5. Hindarkan layar dari pancaran sinar matahari langsung, karena LCD sebetulnya bersifat liquid jadi kalo terlalu lama terkena matahari akan mempengaruhi kualitas LCDnya.
6. Jangan menekan layar terlalu kencang, gunakan dengan wajar saja.
7. Hindarkan dari tempat sempit dan menekan seperti saku celana dan lain-lainya, karena layar bisa rusak bila terlalu sering tertekan.
8. Gunakan chasing atau pun tempat handphone yang pas dan tidak kendor atau kekecilan. Saran: untuk chasing gunakan yang Original saja.

9. Cara merawat printer :

  1. Gunakan printer sesering mungkin, jangan sampai printer tidak digunkan sama sekali. Printer inkjet yang dibiarkan lama akan menyebabkan tinta di head cartridge kering, sehingga akan menyumbat proses pengeprint-an.
  2. Manfaatkan Clean Head pada printer secara berkala untuk tetap menjaga tinta keluar dengan lancar.
  3. Jagalah kebersihan printer secara teratur, jangan sampai ada benda asing yang masuk sehingga menyebabkan printer macet dan tidak awet
  4. Matikan printer dengan tombol power, agar posisi cartridge kembali ketempat semestinya. Maka dari itu jangan membiasakan mematikan printer melalui stop kontak.
  5. Pastikan kertas sesuai dengan printer. Kondisi kertas harus sesuai tidak terlalu tipis atau terlalu tebal, dan yang terpenting kertas tidak kusut agar printer tetap awet dan tahan lama.
  6. Gunakan tinta refill yang direkomendasikan agar hasil cetakan printer tetap berkwalitas
  7. Segera isi ulang tinta jika sudah menunjukkan tanda habis. Tinta yang kosong akan menyebabkan tersumbatnya head cartridge.
  8. Disarankan tidak membongkar casing printer jika belum ahli, karena kesalahan sedikit akan menyebabkan kerusakan
  9. Jangan menyentuh chip cartridge dengan tangan, karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis dan mengganggu komponen tersebut.

10. Cara merawat DVD player :


1. Simpan DVD Player dalam tempat tertutup seperti rak, agar tidak mudah terkena debu. Selain itu hindari temapt lembab atau panas.
2. Sebaiknya bagian belakang tempat penyimpanan terbuka (diberi lobang) supaya panas yang keluar dari DVD Player Anda tidak tertahan dan membuat DVD Player Anda rusak.
3. Film DVD Cassette koleksi sebaiknya ditempatkan pada kotak sampul agar awet dan tidak berdebu. Berdebunya DVD Cassette akan dapat terbawa masuk ke DVD Player Anda.
4. Gunakan lap lembut, seperti lap kacamata untuk melap bagian pinggir piringan DVD Player. Basahi sedikit agar mempan membersihkan noda dan biasakan mengelap searah jarum jam. Jangan sekali-kali mengelap dengan arah berlawanan, karena dapat merusak DVD Player. Bersihkan minimal seminggu sekali.
5. Gunakan DVD Cleaner yang dijual bebas di toko-toko elektronik untuk membersihkan bagian dapam piringan DVD Player.
6. Jika kualitas gambar masih jelek walaupun sudah menggunakan DVD Cleaner, bersihkan bagian dalamnya dengan menggunakan cutton bud yang sebelumnya sudha dibasahi terlebih dahulu dengan cairan khusus elektronik.
7. Jangan menumpuk DVD Player dengan sistem elektronik lain, karena panas dari alat elektronik lain dapat merusak DVD Player Anda.
8. Hindari menyetel DVD Player secara terus menerus karena dapat merusak mata optik.
9. Hindari menyusun koleksi DVD film di atas DVD Player. Gelombang magnet yang ada bisa mempengaruhi keduanya.




https://blogger.googleusercontent.com/tracker/218337137543954910-1094211412239443992?l=laptopjos.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar